DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOEPRATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 TAMAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Wafiroh, Nur Nihayatul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 06:39:41 
Abstract :
Nihayatul Wafiroh, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 2 Taman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Drs. Susilo Hadi, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Penelitian ini berlatar belakang kurangnya semangat belajar matematika siswa SMPN 2 Taman yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang diperoleh. Hal ini ditunjukkan pada nilai hasil akhir belajar siswa yang masih banyak dibawah kkm. Pemilihan model pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan merupakan solusi yang tepat untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif dan meningkatkan semangat siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 2 Taman. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true eksperimental design yaitu posttest-only control design (Sugiono, 2015). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tulis berupa uraian dan berjumlah enam soal dengan teknik simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Taman. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu siswa kelas VIII-j berjumalh 36 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIIIi berjumlah sama 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif uji t. Dari tabel distribusi t pada taraf signifikan yang digunakan sebesar ? = 0.05 dengan derajat kebebasan 70 (t0.05;70) di dapat harga tabel 1,997. Karena dari hasil perhitungan data penelitian menunjukkan harga t hitung sebesar 4,689, maka H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, thitung berada di daerah penolakan H0 dengan hasil thitung > ttabel dengan 4,689 > 1,997 sehingga H0 ditolak. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya