DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model PBL (Belajar Problem Based Learning) Terhadap hasil belajar Logika Matematika siswa kelas X SMK Nasional Mojosari TAHUN AJARAN 2016-2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
NATAPRAJA, EKO
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 06:52:06 
Abstract :
Natapraja, Eko. 2017. Pengaruh Model PBL (Belajar Problem Based Learning) Terhadap hasil belajar Logika Matematika siswa kelas X SMK Nasional Mojosari .Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci:Model Belajar, Hasil Belajar, PBL (Belajar Problem Based Learning) Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang nilainya kurang dalam matematika dan banyak siswa menganggap matematika pelajaran yang sulit. Ada berbagai faktor yang menyebabkan siswa menganggap matematika sulit, baik faktor internal ataupun eksternal. Faktor internal adalah kemauan dari siswa sendiri dalam menerima pembelajaran matematika, sedangkan faktor eksternal yaitu guru, lingkungan, fasilitas dan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Adakah pengaruh model belajar PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar Logika matematika??. Model belajar PBL (Problem Based Learning) model belajar yang melibatkan siswa untuk memecahkan masalah melalui tahap-tahap ilmiah sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Dalam penelitian siswa diberikan materi persamaan Logika matematika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama terdapat 47 siswa yang diberi model belajar PBL (Problem Based Learning). Pada kelas kerdua terdapat 37 siswa dan diberi model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran materi Logika Matematika selesai diberikan, maka siswa diberi tes untuk mendapatkan nilai yang akan dipergunakan dalam analisis data. Dalam penelitian ini, Ho berbunyi Tidak ada pengaruh model belajar PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar matematika dan Ha berbunyi ada pengaruh model belajar PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar logika matematika. Dalam penelitian ini diperoleh bahwa nilai thitung = 4,2 > ttabel = 2,63 pada taraf vi signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh model belajar PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar logika matematika. Dalam hal ini, pengaruh berupa pengaruh positif yaitu meningkatkan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya