DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fauziyah, Firda
Subject
 
Datestamp
2022-11-28 07:04:09 
Abstract :
Kata Kunci: mind mapping, hasil belajar, pengaruh Penelitian ini dilakukan dengan judul ?Pengaruh Metode Mind Mapping Terhada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVSDN Menanggal 601 Surabaya?. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji keterlaksanaan metode mind mapping pada peserta didik kelas IV dan mengkaji adakah pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental nonequivalent control group design dan teknik purposive sampling. Penelitian ini menhgasilkan data validasi RPP yang memperoleh skor 3,1 dengan kategori baik. Data observasi pendidik dan peserta didik memperoleh skor 3,6, data tes hasil belajar memperoleh skor 3,8 dengan kategori sangat baik. Hasil validasi tersebut dinyatakan layak dan dapat digunakan dalampenelitian. Dengan bantuan software SPSS 16.0 tes hasil belajar diuji dengan menggunakan uji homogenitas dmenghasilkan Sig. 0,484 dengan ketentuan Sig. > 0,05 yang berarti data homogen. Uji normalitas menghasilkan Sig. 0,069 untuk kelas eksperimen dan Sig. 0,072 untuk kelas kontrol dengan ketentuan Sig. > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji T-test menghasilkan Sig. 0,03 dengan ketentuan < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap hasil belajar peserta didik SDN menanggal 601 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya