DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS III SDN KEBONDALEM MOJOSARI MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Rahmawati, Windi Desy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 07:26:49 
Abstract :
Kata Kunci : Literasi, Karakter Jujur, Disiplin, Rasa Ingin Tahu. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah program pemerintah dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa dengan menjadikan sekolah sebagai sebuah organisasi yang berperan secara partisipatif untuk membentuk generasi yang literat dalam abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas III SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto dan untuk mengetahui karakter integritas siswa meliputi jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu yang diperoleh dari kegiatan literasi. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. data di analisis melalui langkah-langkah, reduksi data, displai data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan confirmability (objektivitas). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) telah di implementasikan di SDN Kebondalem dalam tahap literasi pembiasaan yaitu 15 menit literasi sebelum pembelajaran dan kegiatan literasi di luar jam pembelajaran lain. Karakter jujur, disiplin, dan rasa ingin tahu siswa terbentuk oleh kegiatan pembiasaan literasi yang dilaksanakan secara konsisten dengan dukungan media literasi dan peran serta seluruh pihak sekolah. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya