DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KELAS V TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 SDN KETABANG SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
SOFA, SABRINA ZAMZAMIATUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 07:33:19 
Abstract :
Kata kunci: Metode pembelajaran di luar kelas, Keterampilan berpikir kritis, Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data dalam penelitian kemampuan berpikir kritis di SDN Ketabang Surabaya maka peneliti menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Penelitian ini menekankan pada berpikir kritis siswa kelas V melalui implementasi metode pembelajaran di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi pembelajaran di luar kelas, 2) Mengetahui dampak implementasi metode pembelajaran di luar kelas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Ketabang Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis interaktif yang tediri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 2) Dampak implementasi metode pembelajaran di luar kelas terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada kelas V dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan materi yang sesuai. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya