DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA SMP NEGERI 43 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Anisah, Khoirul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 07:37:55 
Abstract :
Anisah, Khoirul. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa SMP Negeri 43 Surabaya. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd.,M.Pd., Kata Kunci : Pembelajaran Matematika dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Matematika memiliki peranan penting dalam segala aspek kehidupan terutama dalam meningkatkan daya pikir manusia, akan tetapi masih banyak permasalahan yang sering dihadapi bangsa indonesia dalam pendidikan adalah lemahnya siswa dalam memahami konsep untuk memecahkan suatu masalah. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu model Problem Based Learning. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripskan aktivitas siswa selama pembelajaran penerapan model Problem Based Learning dan mendeskripsikan hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning. Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 43 Surabaya. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII D yang diambil dengan menggunakan Cluster Random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, tes dan angket. Hasil penelitian adalah aktivitas siswa kelas VIII D selama menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada pembelajaran dinyatakan aktif. Hasil belajar siswa kelas VIII D setelah menerapkan Problem Based Learning pada pembelajaran matematika dikatakan tuntas secra klasikal. Respon siswa kelas VIII D setelah menerapakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika dinyatakan positif. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya