DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KETABANG SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ROSIDAH, CHABIBATI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 07:54:57 
Abstract :
Kata kunci: Learning Cycle 5E, Hasil Belajar. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang maksimal perlu didukung dengan penggunaan model pembelajaran yang bervariatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan menggunakan desain penelitian posttestonly with Nonequivalent Group. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes hasil belajar (posttest) berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 soal. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan SPSS 16.0 menggunakan idependent sample t-test pada taraf signifikansi 5% (? = 0,05). Hasil penelitian ini telah diperoleh rata-rata dari nilai posttest kelas eksperimen yaitu 80,85 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 68,91. Nilai signifikansi (Sig.) yang diperoleh daru uji t-test kurang dari 0,05 yaitu 0,00, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Ketabang Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya