DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI “BENTANG ALAM INDONESIA” SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
AMALIA, RIZKI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-28 08:16:00 
Abstract :
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture, hasil belajar siswa Pelaksanaan pembelajaran materi ?Bentang Alam Indonesia?, siswa masih terdapat kesulitan dalam menerima materi tersebut. Mengingat hal tersebut seorang guru dituntut untuk memahami dan memilih suatu model pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar materi ?Bentang Alam Indonesia? siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A dan siswa kelas IVB SDN Wonokusumo Mojosari, menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan tipe Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar materi ?Bentang Alam Indonesia? siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya