DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Aisyah, Herawati
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-29 02:57:54 
Abstract :
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi peserta didik Saat ini peserta didik masih berada pada tingkatan berfikir yang rendah yaitu mengingat dan memahami sedangkan untuk mencapai tujuan pendidikan di perlukan lebih itu peserta didik harus mampu menganalisis, mengevaluasi serta mencipta. Tujuan dari penelitian ini yaitu menjelaskan keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA dan menjelaskan ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design. Rancangan desain penelitian ini menggunakan Posttets-Only Control Group Design. Sampel penelitian peserta didik kelas IV B yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol dan IV C yang berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes analisis data menggunakan uji-t dan presentase. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo dan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo terlaksana dengan sangat baik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya