DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TEKNIK PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK LINGKUNGAN KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Prastika, Maulina Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-29 03:02:57 
Abstract :
Kata Kunci : Teknik Pictorial Riddle, IPS, hasil belajar Penelitan ini dilakukan bedasarkan dengan kenyataan dilapangan salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa yaitu karena pelaksanaan pembelajaran yang lebih memfokuskan siswanya untuk menghafal, tanpa memperhatikan pengembangan kemampuan berfikir yang dimiliki oleh siswa. Selain itu guru masih sering menjelaskan materi pembelajaran yang akan disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan bermain peran. Serta teknik pembelajaran yang kurang efektif dalam membantu siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan masalah yang telah dikemukakan diatas peneliti melakukan pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Inquiry berbasis Teknik pictorial riddle ini dikarenakan dalam pembelajaran IPS ketika kita belajar tidak terlepas dari gambar. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain bentuk Posttest-Only Control Design. Dengan sampel penelitian peserta didik kelas VA yang berjumlah 39 siswa dan IVB yang berjumlah 30 siswa, menggunakan teknik Non Probability sampling dengan teknik purposive sampling. Variabel Independen dengan teknik Pictorial Riddle dan Variabel Dependen hasil belajar IPS ranah kognitif. Penelitiam ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes hasil belajar peserta didik.Teknik analisis data dengan menggunakan T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik Pictorial Riddle berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan manual dengan menggunakan uji hipotesis yang menunjukan nilai = 4,47 = 1,991 dengan demikian Ho ditolak dan diterima. Dengan ditolaknya H0 berati penelitian ini terbukti bahwa adanya pengaruh dalam hasil belajar IPS kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya