DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN KETABANG SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Permani, Wiji
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-29 03:08:18 
Abstract :
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata, Motivasi Belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata adalah model pembelajaran yang menggunakan kartu, dimana kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu soal dan kartu jawaban. Hal menarik dari model tebak kata adalah model ini seperti permainan, tidak membosankan, dan terasa menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Ketabang Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Ketabang Surabaya. Selain itu, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai sebesar 88,2703 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai sebesar 75,1429. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya