DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERSEPSI DAN PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP CANDI BRAHU SEBAGAI CAGAR BUDAYA DI DESA BEJIJONG KECAMATAN TROWULAN MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ELIYANTO, APRILLIA PUTRI
Subject
GE Environmental Sciences 
Datestamp
2022-11-29 03:23:50 
Abstract :
(Aprillia Putri Eliyanto), 2022, Analisis Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Candi Brahu Sebagai Cagar Budaya Di Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Mojokerto, Tugas Akhir, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universias PGRI Adi Buana Surabaya, Dosen Pembimbing : Siti Nuurlaily Rukmana, ST.,MT. Berdasarkan survei lapangan, kurangnya minat masyarakat terhadap wisata Candi Brahu dan dilihat dari jumlah pengunjung perhari berjumlah 15-20 orang adapun fasilitas pada objek wisata candi brahu diantaranya adalah area parkir kendaraan, tempat istirahat berupa gazebo, kamar mandi (MCK) dan taman yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat tentang Candi Brahu sebagai Cagar Budaya di Desa Bejijong Kec Trowulan Mojokerto, dan mengetahui hubungan antara persepsi dan Preferensi masyarakat terhadap Objek Wisata Candi Brahu sebagai Cagar Budaya. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik analisis IPA (Importance Performance Analysis) , selanjutnya dilakukan Uji Korelasi denga menggunakan aplikasi SPSS 23 untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi masyarakat terhadap objek wisata Candi Brahu sebagai Cagar Budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Kuisioner. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi prioritas utama pengunjung untuk mengunjungi suatu Cagar Budaya adalah kultural candi dan nilai yang terkadung dalam sebuah bangunan Candi Brahu, karena dalam hal ini persepsi dan preferensi masyarakat terhadap Candi Brahu sebagai Cagar Budaya dari analisis IPA dengan 115 responden diketahui hasil Nilai dan Kultural memiliki masing-masing nilai 18,06 dan 12,87. Pengaruh Persepsi dan Preferensi terhadap Candi Brahu sebagai Cagar Budaya hasil perhitungan statistik korelasi menunjukkan Nilai dipengaruhi oleh aspek Aksesbilitas berupa jaringan jalan, Kultural Candi berupa estetika, Promosi berupa pemasangan iklan dan Informasi berupa informasi perjalanan, buku petunjuk, majalah/artikel dan sosial media, selanjutnya Kultural Candi di pengaruhi oleh aspek aksesbilitas berupa jaringan jalan, Kultural Candi berupa estetika dan Informasi informasi perjalanan, buku petunjuk, majalah/artikel dan sosial media. Kata Kunci : Cagar Budaya, Importance Performance Analysis, Persepsi dan Preferensi 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya