DETAIL DOCUMENT
Student’s Perception On Character Building InThe English Textbook “Think Globally Act Locally”
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
PAULA, MARGARINA
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2024-09-11 08:36:08 
Abstract :
Buku teks merupakan salah satu media atau alat yang dapat mengintegrasikan pendidikan karakter. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pembentukan karakter yang berjudul ?Think Globally Act Locally? untuk siswa kelas IX SMP terbitan Kemendikbud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013 yang muncul dalam teks atau kalimat dari buku teks berbahasa Inggris berjudul ?Think Globally Act Locally? untuk SMP Kelas Sembilan, untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap karakter. bangunan yang diimplementasikan dalam teks atau kalimat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pembangunan karakter dalam buku teks digunakan sebagai fokus dalam penelitian ini. Data diambil dari siswa SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengenai persepsi siswa tentang pembentukan karakter dalam buku teks bahasa Inggris, siswa setuju bahwa pembentukan karakter itu penting dan sangat dibutuhkan. Apresiatif, berwatak sosial, dan bertanggung jawab adalah tingkatan tertinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa penulis seolah ingin memudahkan siswa dalam memahami nilai-nilai pembentukan karakter dalam teks atau kalimat Textbook is one of media or tools that the characters education can be integrated. So, the objectives of this research are to find out character building values entitled ?Think Globally Act Locally? for Grade IX of Junior High School published by the Ministry of Education and Culture. The objective of the research were to identify the character education values based on 2013 curriculum that appear in texts or sentences of an English textbook entitled ?Think Globally Act Locally? for the Ninth Grade Junior High School, to describe how the students? perceptions characters building implemented in the texts or sentences. The study used qualitative research. The character building in the textbook used as the focus in this study. The data was taken form the students of SMP PGRI 1 Buduran Sidoarjo. The data were collected by observation, interview, and documentation. The data were analyzed using descriptive analysis. The results of the study revealed that regarding thestudents? perception on character building in english text book, the students agrred that character building is important and needed. Apreciative, Social character, and responsible is the highest rate. This result showed that the author seemed wanted to make it easy for students in comprehension the character building values in the texts or sentences. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya