DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO EDUKASI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK MAN 1 GRESIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Septerino, Muhammad
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-08-20 01:36:47 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat prokrastinasi akademik peserta didik. Perilaku prokrastinasi akademik peserta didik dapat dilihat dari penundaan yang dilakukan saat menyelesaikan tugas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video edukasi untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik MAN 1 Gresik tahun ajaran 2022-2023. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert. Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan bentuk pra eksperimental dengan onegroup pre-test-post test design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas X MAN 1 Gresik mengalami penurunan tingkat prokrastinasi akademik. Hal ini terjadi setelah diberikan treatment layanan informasi dalam bimbingan kelompok menggunakan video edukasi, dari kesembilan sampel pada penelitian ini menunjukkan perubahan dari katergori tinggi menjadi kategori sedang hingga rendah. Penurunan ini dapat dilihat dari nilai skor pre-test dan posttest peserta didik, yang dimana rata-rata skor pada pre-test adalah 123 dan skor pada post-test adalah 87. Dari kedua data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video edukasi efektif untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik peserta didik MAN 1 Gresik. This research is motivated by the high level of academic procrastination of students. The procrastination behavior of academic students can be seen from the delays they make when completing assignments. The aim of this research is to determine the effectiveness of using educational videos to reduce the procrastination behavior of MAN 1 Gresik students for the 2022-2023 academic year. The data collection method in this research uses a Likert scale. This research is a type of quantitative research using a pre-experimental form with a one-group pre-test-post test design. The research results showed that class X students at MAN 1 Gresik experienced a decrease in the level of academic procrastination. This happened after being given treatment information services in a guidance group using educational videos. The nine samples in this study showed a change from the high category to the medium to low category. This decrease can be seen from the students' pre-test and post-test scores, where the average score on the pre-test is 123 and the score on the post-test is 87. From these two data there is a significant difference between the pre-test results. test test and post test. So it can be concluded that the use of educational videos is effective in reducing the procrastination behavior of MAN 1 Gresik academic students 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya