DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PERMAINAN LINGKAR CERITA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONSEP DIRI SISWA DI SMA ITP SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Tanamal, Dara Shafira
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-08-20 01:39:07 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan lingkar cerita dalam bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa di SMA ITP Surabaya. Konsep diri merupakan kemampuan seseorang dalam menilai, melihat, dan memahami kemampuan yang dimiliki dirinya yang di dapatkan dari pengalaman dan lingkungan sekitarnya. Konsep diri memiliki dua karakteristik, yaitu konsep diri positif dan konsep diri negatif dimana siswa tidak tahu siapa dirinya, kekuatan dan kelemahannya. Apabila hal tersebut tidak segera ditindak lanjuti kemungkinan akan ada dampak negatif yang muncul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah one group pre-tets post-test design. Hasil analisis data perhitungan di peroleh nilai Asymp. Sig. (0,042) < (0.05) maka H? ditolak dan H? diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan lingkar cerita dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas XI MIA 2 di SMA ITP Surabaya. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the story circle game in group guidance on students' self-concept at SMA ITP Surabaya. Self-concept is a person's ability to assess, see, and understand the abilities that he gets from experience and the surrounding environment. Self-concept has two characteristics, namely positive self-concept and negative self-concept where students do not know who they are, their strengths and weaknesses. If this is not immediately followed up, it is likely that there will be negative impacts that will arise. This research is a quantitative study with the design used is one group pre-test post-test design. The results of the calculation data analysis obtained the Asymp value. Sig. (0.042) < (0.05) then H? is rejected and H? is accepted. So it can be concluded that the story circle game in group guidance is effective for improving the self-concept of class XI MIA 2 students at SMA ITP Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya