DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI LINGKUNGAN SEKITAR KELAS IV SDN KEBOANANOM
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
NURKUMALASARI, ELENA SUCI
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2024-04-30 04:08:25 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran siswa di dalam kelas. Guru harus menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan inovatif dimana pembelajaran harus berpusat pada siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbantuan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik dari siswa akan membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih bermakna. Salah satu model pembelajaran yang inovatif yaitu model Project Based Learning dengan bantuan media video animasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbatuan media video animasi terhadap hasil belajar materi keragaman budaya di lingkungan sekitar kelas IV SDN Keboananom. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Peneliti menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa sedangkan kelas IV-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbatuan media video animasi terhadap hasil belajar materi keragaman budaya di lingkungan sekitar kelas IV SDN Keboananom. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya