DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN KEBONDALEM MOJOSARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
ARYANTI, DHITA YUTDHI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-04-30 04:16:15 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap hasil belajar materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada materi sistem peredaran darah. Dalam berlangsungnya proses kegiatan pembelajaran siswa lebih banyak bergurau dan berbiacara sendiri. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa yang masih rendah dengan nilai dibawah KKM. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasy Eksperimen Design. Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN Kebondalem Mojosari. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai Post-test kelas eksperimen sebesar 84,88 dan kelas kontrol sebesar 72. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent T Test dengan tingkat signifikansi 0,05 diperoleh thitung sebesar 5,43 dan ttabel sebesar 2,01. Sehingga thiitung > ttabel, dimana 5,43 > 2,01 H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Project Based Learning terhadap hasil materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Kebondalem Mojosari. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya