Abstract :
Edi Hadrinus Jomi (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok
Terhadap Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa kelas XI IPS
2 SMA Dr. Soetomo Surabaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan Pengaruh
Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan
Mengemukakan Pendapat siswa. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kuantitatif, metode dasar. Penelitian ini
menggunakan rancangan one group pre-test post-test design yang
merupakan kelompok penelitian pra-eksperimental. Pelaksanaan
penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap. 1). Kemampuan
mengemukakan Pendapat siswa secara umum berada pada kategori
Rendah. 2). Program Layanan Konseling Kelompok melalui strategi
Assertif Training dapat meningkatkan Kemampuan Mengemukakan
Pendapat Siswa. 3). Program Layanan Konseling Kelompok dengan
strategi Assertif Training pengaruh terhadap Kemampuan
Mengemukakan Pendapat Siswa. Pengaruh Layanan Konseling
Kelompok dengan Strategi Assertif Training di terapkan di sekolah
untuk meningkatkan kemampuan Mengemukakan Pendapat siswa.
Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, strategi Assertif
Training, Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa