Abstract :
Rahman, Habibur. 2019. Pengaruh Penggunaan Teknik Role Playing
dalam Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kecemasan
Berbicara di Depan Umum pada Siswa Kelas IX-K SMPN 22
Surabaya. Skripsi Program Studi Bimbingan dan konseling.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Aniek Wirastania,
S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecemasan berbicara di depan
umum yang seringkali dirasakan oleh siswa. Kecemasan ini biasanya
hadir ketika siswa diminta untuk berbicara di depan temantemannya. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan
penggunaan teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok
terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas IX-K
SMPN 22 Surabaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan
penelitian quasi experiment dengan desain pre-test and post-test
group. Sampel dari penelitian ini adalah 6 orang dari keseluruhan
populasi yaitu siswa kelas IX-K SMPN 22 Surabaya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada
penggunaan teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok
terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas IX-K
SMPN 22 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan penurunan kategori
kecemasan berbicara di depan umum pada siswa dari kategori tinggi
menjadi kategori sedang. Penurunan kecemasan berbicara di depan
umum pada siswa dapat ditunjukkan dengan hasil pre-test dan posttest skala kecemasan berbicara di depan umum pada siswa.
Penurunan yang terjadi yaitu, rata-rata skor sampel sebelum
diberikannya treatment bernilai 181,50 dengan nilai standar deviasi
sebesar 7,176 sedangkan setelah diberikan treatment bernilai 140,67
dengan nilai standar deviasi 14.868.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Role Playing, Kecemasan
Berbicara di Depan umum.