DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BELAJAR DARI RUMAH DENGAN METODE PROYEK TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ATTARBIYAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Nuraini, Aan Ela
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 06:57:25 
Abstract :
Nuraini, Aan Ela. 2021. Pengaruh Belajar Dari Rumah Dengan Metode Proyek Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Attarbiyah. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Made Ayu Aggreni, S.Pd,. M.Pd Kata kunci: Metode proyek, Kemandirian, Anak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat kemandirian dalam menyelesaikan masalah sederhana melalui metode proyek anak usia 5-6 tahun di RA Attarbiyah. Subjek penelitian anak kelompok B berjumlah 10 anak, 2 anak laki-lai dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode proyek dengan kegiatan berkebun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data bahwa thitung= 3,105 lebih besar dari ttabel 1,83 pada taraf signifikasi 0,05 maupun 2, 82 pada taraf signifikasi 0,01. Hal ini menunjukkan bahwa metode proyek sangat berpengaruh secara signifikan pada kemandirian anak kelompok B sebelum dan sesudah perlakuan Dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kemandirian dapat ditingkatkan dengan metode proyek, karena anak dapat menanam bibit biji tanaman, menyiram tanaman, bertanggungjawab terhadap tanaman dan mentaati aturan kegiatan berkebun. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya