DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MEDIA FLIP CHART TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK KELOMPOK B TK AL WAHYU RUNGKUT MENANGGAL SURABAYA TAHUN AJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Farida, Luluk
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 06:54:01 
Abstract :
Farida, Luluk. 2021. Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B TK Al Wahyu Rungkut Menanggal 22Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. A. Fachrurrazi, M.Pd. Pembimbing (2) Titah Kinasih, S.S., S.Pd., M.Si. Kata Kunci: media flip chart, bahasa, keaksaraan awal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bahasa yaitu keaksaraan awal dalam membaca dan menulis pada anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang sesuai harapan. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan saat observasi di TK Al Wahyu Rungkut Menanggal Surabaya, dalam hal keaksaraan awal pada anak kelompok B belum berkembang sesuai harapan, hal ini teridentifikasi dengan anak kelompok B belum dapat membedakan huruf konsonan serta vokal. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media flip chart terhadap kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B TK Al Wahyu Rungkut Menanggal Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK Al Wahyu Rungkut Menanggal Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Uji t yang sesuai dengan judul Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Kelompok B TK Al Wahyu Rungkut Menanggal Surabaya. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t hitung = 15,88 dan t tabel 1.76131 untuk taraf signifikasi 0,05, dan 2.62449 untuk vi taraf signifikasi 0,01. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai t(hit) > t(tab), karena nilai t tabel lebih kecil daripada t hitung maka Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Kerja (H1) diterima. Dapat disimpulkan bahwa media flip chart berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B TK Al Wahyu Rungkut Menanggal Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya