DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KARUNIA KEBRAON SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Hidayati, Kartika Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 06:52:35 
Abstract :
Hidayati, Kartika Nur. 2021. Pengaruh Metode Bercerita dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak Kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Utama Isabella Hasiana, S.Psi., M.Psi. Kata Kunci : Metode Bercerita, Sikap Tanggung Jawab, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap tanggung jawab pada anak yang masih rendah. Rendahnya sikap tanggung jawab pada anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya ini disebabkan oleh guru yang masih sering memanjakan anak dalam menyelesaikan tugasnya, serta kurangnya penegasan dalam menyikapi perilaku anak. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dalam mengembangkan sikap tanggung jawab pada anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya dengan jumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan menggunakan alat penilaian berupa lembar observasi serta dokumentasi. Menggunakan metode analisis statistik dengan rumusan yang digunakan adalah Uji T yang sesuai dengan judul penelitian yaitu Pengaruh Metode Bercerita dalam Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak Kelompok A di Tk Karunia Kebraon Surabaya. Digunakan pre-test dan post-test one group design yang dihitung menggunakan rumus Uji T. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus uji T yang memperoleh hasil Thitung adalah 20,25 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai Ttabel untuk signifikansi 0,05 adalah 1.76131. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bercerita dalam mengembangkan sikap tanggung jawab pada anak kelompok A di TK Karunia Kebraon Surabaya. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya