Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Alfie Noer Rachma, 175000023
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-07 08:28:18
Abstract :
Rachma, Alfie Noer. Pengaruh Konseling Kelompok Dengan
Menggunakan Teknik Cognitive Restructuring Melalui
Aplikasi Google Meet Terhadap Kecemasan Belajar
Siswa Secara Daring Saat Pandemi Covid-19 Di UPT
SMP Negeri 18 Gresik. Skripsi. Program Studi
Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. H. Sutijono, M.M.. pembimbing
(2) Dimas Ardika M.S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Teknik Cognitive Restructuring, Konseling Kelompok,
Google Meet, Kecemasan Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
konseling kelompok dengan menggunakan teknik cognitive
restructuring melalui aplikasi google meet terhadap kecemasan
belajar siswa secara daring saat pandemi Covid-19 di UPT SMP
Negeri 18 Gresik. Penelitian ini menggunakan rancangan preeksperimental berupa One Group Pre-Test Post-Test. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IX-C yang berjumlah 32. Sampel
didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang
diambil dari populasi yakni kelas IX-C.Variabel bebas dalam
penelitian ini adalah konseling kelompok dengan menggunakan
cognitive restructuring melalui aplikasi Google Meet. Skala
pengukuran yang digunakan juga telah diuji menggunakan SPSS For
Windows versi 25 dengan tingkat kevalid an sebesar 0,05 dapat
dinyatakan valid.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses belajar
mengajar yang dilakukan secara daring atau online hal ini
disebabimbingan dan konseling karena adanya wabah virus corona
yang melanda Indonesia. Pembelajaran secara daring memang tidak
sama dengan pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran secara
daring juga membutuhkan sarana dan prasarana, hal ini adalah
menjadi salah satu timbulnya kecemasan belajar secara daring. Tidak
v
hanya itu siswa merasa tugas yang diberikan oleh guru semakin harisemakin banyak dan siswa merasa guru seenanknya sendiri informasi
ini berdasarkan penuturan Guru Bimbingan dan Konseling UPT SMP
Negeri 18 Gresik.
Uji hipotesis yang telah diajukan melalui Uji T
menunjukkan adanya pengaruh konseling kelompok dengan
menggunakan teknik cognitive restructuring melalui aplikasi google
meet terhadap kecemasan belajar siswa saat pandemi Covid-19 di
UPT SMP Negeri 18 Gresik. Dapat disimpulkan melalui hasil Uji T
diketahui bahwa nilai Uji T atau F= 1,764 pada taraf sifnifikansi
0,001. Sig (2-tailed) yang bernilai 0.001 dimana 0,001 < 0,05
(adanya pengaruh), maka dapat disimpulkan bahwa H? diterima dan
Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan antara Pre-Test dan
Post?Test konseling kelompok dengan menggunakan teknik
cognitive restructuring melalui aplikasi Google Meet terhadap
kecemasan belajar siswa secara daring di UPT SMP Negeri 18
Gresik