Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
DEVI PUTRI WULANDARI, 175000047
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-07 08:52:38
Abstract :
Wulandari, Devi. 2021. Pengembangan Media Ular Tangga
Keyakinan dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa di SMP
Negeri 2 Krian. Program Studi Bimbingan dan Konseling.
Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing: Dr. Cindy Asli Pravesti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Media Bimbingan Dan Konseling, Ular
Tangga Keyakinan
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media ular
tangga keyakinan melalui uji ahli yang dapat digunakan sebagai media
Bimbingan dan Konseling. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan Sukmadinata yang modifikasi
dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dari Borg and
Gall. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian preeksperimental one group pre-test dan pos-test. Populasi yang diambil
adalah siswa SMP Negeri 2 Krian yang berjumlah 27 siswa, dari
populasi tersebut diambil sampel penelitian sebanyak 4 siswa dengan
menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan skala pengukuran yang telah di uji validitas dan
reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Metode analisis data
menggunakan indeks penilian uji ahli dari Gregory dan uji Paired
Sample T Test menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan penilaian
uji ahli materi, ahli media, dan uji pengguna diperoleh sebesar 0,46
(cukup layak), 0,69 (layak), dan 92,3% (layak) yang artinya dari ketiga
penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan Ular
Tangga Keyakinan layak digunakan sebagai media Bimbingan dan
Konseling. Sedangkan hasil uji Paired Sample T Test diperoleh
sebesar 0,027 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti
dapat disimpulkan bahwa media permainan Ular Tangga Keyakinan
efektif meningkatkan efikasi diri siswa di SMP Negeri 2 Krian.