DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Play Therapy Dengan Permainan Tradisional “Bancakan” Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kejenuhan Belajar Daring Siswa Pada Saat Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Sangkapura
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Fatur Rahman Al Isfahani, 175000056
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-10-10 08:02:09 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan permainan tradisional ?bancakan? dalam bimbingan kelompok terhadap kejenuhan belajar daring siswa pada saat pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Sangkapura. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design, diberikan kepada 8 orang siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Sangkapura yang mendapat skor kejenuhan belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran untuk mengukur kejenuhan belajar yang tinggi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa banyaknya skor dengan pelaksanaan play theraphy dengan perminan tradisional bacakan dalam kejenuhan belajar pada bimbingan kelompok lebih kecil dari pada sebelum dilakukan treatment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Asymp. Sig. =0,012 perbandingan Asymp. Sig. =0.012 < ? = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan play therapy dengan permainan tradisional bancakan dalam bimbingan kelompok terhadap kejenuhan belajar siswa. Kata Kunci: Teknik Play Therapy dengan Permainan Tradisional Bancakan, Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya