DETAIL DOCUMENT
Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 21 Surabaya
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Elisabeth Rhero, 175000045
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2022-10-10 08:12:32 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah para siswa kelas VIII C di SMPN 21 Surabaya berjumlah 35 siswa. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 5 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian yaitu data kematangan karier siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode skala pengukuran yang dikembangkan peneliti. Skala pengukuran sebelum digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, terlebih dahulu dilakukan try-out untuk melakukan uji validitas butir dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Uji validitas butir skala pengukuran kematangan karier siswa nilai koefisien korelasinya (r) antara 0,344-0,616. Hasil uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,729. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows versi 26.0 dengan teknik analisis uji t independen statistika parametrik setelah dilakukan uji asumsi normalitas sebaran dan uji homogenitas variansi. Jadi hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi self-management dalam konseling kelompok secara signifikan dapat meningkatkan kematangan karier siswa kelas VIII C di SMPN 21 Surabaya. Kata kunci: Strategi self-management, Konseling Kelompok, Kematangan Karier. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya