DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN BIBLIOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KRIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Denny Amarta, 175000060
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-11 04:30:56 
Abstract :
Amarta, Denny. 2021. Penggunaan Biblioedukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Krian . Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing: Dr. Cindy Asli Pravesti, M.Pd., Kata Kunci: Biblioedukasi, Bimbingan Kelompok, Efikasi Diri Akademik. (Bandura, 1997) mencatat bahwa efikasi diri meminta individu untuk menilai apakah dirinya mampu menyelesaikan tugasnya, yang bedasarkan pengalaman penguasaan, pengalaman perwakilan, persuasi sosial dan komunikatif, serta gairah fisiologis. Sumber efikasi diri terdiri dari empat hal, diantaranya kinerja masa lalu dalam suatu tugas, belajar dari orang lain melalui observasi, keadaan emosional, dan dukungan sosial (Dewitz, et al, 2009). Muro dan Dinkmeyer (1980) menyebut definisi biblioedukasi adalah pendekatan psikiatris melalui bacaan yang berkaitan langsung dengan bahan bacaan sebagai alat untuk mencapai kesehatan mental. Definisi menurut Brammer (1982) memperluas penggunaan biblioedukasi kedalam bidang pendidikan, pekerjaan, seks, konseling keluarga dan perkawinan, serta agama. Menurut Cohoe (1960) mengartikan biblioedukasi sebagai bacaan khusus dari tulisan-tulisan yang telah diseleksi untuk tujuan terapis. Penelitian yang dilakukan harus menggunakan teknik yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan biblioedukasi untuk meningkatkan efikasi diri akademik siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian. Oleh karena itu peneliti menggunakan biblioedukasi dalam penelitian ini. Desain penelitian yang digunakan dalah penelitian preeksperimental one grup pre-test dan post-test. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Krian yang berjumlah 33 siswa, dari populasi itu diambil sampel penelitian sebanyak 6 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, pemilihan sampel ini dipilih berdasarkan hasil skor interaksi sosial siswa yang rendah melalui pengisian skala pengukuran interaksi sosial siswa. Metode ix pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang telah uji validitas dan uji reliabilitas Cronbach Alpha 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya