Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Dyah Anggraeni Andaryanti, 175000029
Subject
L Education (General)
Datestamp
2022-10-11 08:10:48
Abstract :
Andaryanti, Dyah Anggraeni. 2021. Tingkat Kejenuhan Belajar
Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP
Negeri 29 Surabaya. Skripsi. Program Studi Bimbingan
dan Konseling. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: Ayong Lianawati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Pembelajaran Daring,
Ekstrakurikuler Seni Tari
Pembelajaran merupakan proses yang panjang untuk mencapa hasil
yang lebih baik atau diingkan. Untuk mencapai pembelajaran yang baik
dibutuhkan strategi dalam melaksanakannya. Sejak pandemi Covid-19
melanda Indonesia, pemerintah memberi kebijakan baru untuk membatasi
aktifitas diluar rumah salah satunya yaitu pembelajaran yang seharusnya
dilakukan secara tatap muka kini diganti dengan pembelajaran secara daring
(dalam jaringan). Tidak hanya pembelajaran pada pelajaran normatif,
kegiatan ekstrakurikuler juga dilakukan secara daring. Kegiatan belajar
mengajar secara daring mengakibatkan beberapa permasalahan salah satunya
yaitu kejenuhan siswa dalam menjalani kegiatan belajar daring . Kejenuhan
dalam pembelajaran ini terjadi tidak hanya dalam pembelajaran mata
pelajaran saja namun terjadi pada saat pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler
salah satunya ekstrakurikuler seni tari.
Dampak yang dirasakan oleh siswa pada saat proses belajar dirumah
adalah para siswa merasa dipaksa belajar jarak jauh, mengejar materi
sehingga beberapa siswa tidak dapat memahami materi yang disampaikan.
Jika siswa sudah mengalami kejenuhan saat belajar siswa akan sulit
konsentrasi untuk mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan yang
ada, peneliti akan meneliti tingkat kebosanan belajar dalam kegiatan
ekstrakurikuler seni tari secara daring. Penelitian ini menggunakan
perhitungan teknik analisis data kuantitaitf. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan disebar 67 sampel pada tanggal 28 Januari 2021. Berdasarkan
hasil analisis data memperoleh sebanyak 55% tinggi dan 45% sedang, hal ini
membuktikan bahwa tingkat kejenuhan belajar dalam kegiatan
ekstrakurikuler seni tari di SMP Negeri 29 Surabaya adalah masuk dalam
kategori tinggi.