DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERMAINAN EKSPERIMEN AIR PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK 4 - 5 TAHUN TK RAM 186 DARUL ULUM MOJOSARIREJO DRIYOREJO-GRESIK.
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Nurlaili, Tri Indah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 06:42:50 
Abstract :
Laili, Tri Indah N. 2021. Pengaruh Permainan Eksperimen Air Pelangi Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Ram 186 Darul Ulum Mojosarirejo, Driyorejo-Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Utama Made Ayu Anggreni, S.Psi., M.Pd dan Pembimbing Kedua Ervina Nurul Affrida, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Permainan Eksperimen, Kemampuan Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh kempuan kognitif anak usia 4-5 dalam mengenal warna yang masih belom optimal saat dilakukan permainan eksperimen, sala satunya permainan eksperimen air pelangi. Hal ini disebabkan karena giru kurang bervasiasi dalam memberikan pembelajran kepada anak. Banyak metode-metode yang dapat dilakukan saat memberikan pembelajaran salah satunya yaitu dengan eksperimen, pembelajaran ini dilakukan dimana anak akan melakukan percobaan tentang suatu hal, lalu mengamati prosesnya serta menuliskan hasilnya. Tetapi kenyatan selama proses pembelajran guru masih menggunakan bahan ajar LKS sehingga anak hanya cenderung mengerjakan apa yang ada di dalamnya serta kurang dierikan wawasan tentang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Ram 186 Darul Ulum Mojosarirejo DriyorejoGresik sejumlah 16 anak. Metode dalam pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus uji T yang memperoleh hasil Thitung adalah.4.117 lebih besar dari T table, dengan demikian dappat dikatakan T hitung > T table. Maka Hipotesis nol ( Ho ) ditolak dan hipotesis alternative ( Ha ) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan eksperimen air pelangi terhadap kemampun kognitif anak usia 4-5 di TkRam186 Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo-Gresik. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya