DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEGIATAN FINGER PAINTING HURUF HIJAIYAH TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI PANTENAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
Safitrie, Cyta Nur
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-11 04:44:32 
Abstract :
Safitrie, Cyta N. 2021. Pengaruh Kegiatan Finger Painting Huruf Hijaiyah Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK PGRI Pantenan. Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Pedagogi Dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Aisyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Finger Painting, Huruf Hijaiyah, Motorik Halus. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun yang cenderung masih rendah. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kurangnya pehatian guru dalam pemilihan kegiatan pembelajaran untuk anak, seringkali anak mearasa bosan dengan kegiatan pengembangan motorik halus yang sudah sering dilakukan. Selain itu terdapat faktor lain yaitu kuragnnya kesadaran dari orang tua untuk membiarkan anak mandiri dalam mengerjakan tugas. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh kegiatan finger painting huruf hijaiyah terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Pantenan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-ekperimental dengan bentuk one group pretest-postetst design. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Pantenan dengan jumblah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pretest, posttest, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t. Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan penelitian yang telah diketahui pada BAB I dan diperkuat dengan hasil analisis data dalam BAB IV menunjukkan bahwa ?Ada Pengaruh Kegiatan Finger Painting Huruf Hijaiyah Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK PGRI Pantenan? yang dibuktikan melalui hasil uji hipotesis dengan perhitungan Thitung = 7,36 lebih besar daripada Ttabel = 1,76 dengan taraf signifikansi 5% yaitu 1,76 dengan N= 15 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting huruf hijaiyah berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK PGRI Pantenan. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya