DETAIL DOCUMENT
PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR VARIASI KETERAMPILAN MENGGIRING PADA PERMAINAN SEPAK BOLA
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Author
AZIZ, ABDUL
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-08 09:00:05 
Abstract :
Aziz, Abdul. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Variasi Keterampilan Menggiring Pada Permainan Sepak Bola. Skripsi Program studi Pendidikan Jasmani. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing: Dr. Ujang Rohman, M.Kes. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Discovery Learning, Menggiring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar variasi keterampilan menggiring pada permainan sepakbola dengan Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 54 Surabaya tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas IX-E yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 18 siswa putra dan 17 siswa putri yang akan diberikan tindakan melalui model pembelajaran penemuan (Discovery Learning) terhadap proses hasil belajar teknik dasar variasi keterampilan menggiring dengan berbagai bagian kaki pada permainan sepak bola. Dari hasil data awal (Pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan variasi keterampilan gerak dalam seakbola masih rendah yaitu ada 15 orang siswa yang tuntas dalam belajarnya atau 42,9% dan 20 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajarnya atau 57,1%. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Dari test hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 42,9% telah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar sedangkan 20 orang siswa (57,1%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dirata-rata adalah 76,11. (2) Dari test hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar 77,2% yang telah mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar dan 8 orang siswa (22,8%) masih belum tuntas dalam belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dirata-rata adalah 79,9. Dari data penelitian siklus I dan siklus II terdapat peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dikonfersikan sebesar 3,79 sedangkan peningkatan nilai ketuntasan secara klasikal siswa setelah dikonfersikan sebesar 34,3%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) dapat meningkatkan hasil belajar variasi keterampilan menggiring pada permainan Sepak Bola pada siswa kelas IX-E SMP Negeri 54 Tahun Pelajaran 2019-2020. 
Institution Info

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya