Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
NANDARWATI, PUTRI YOLANDA
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-10-02 01:07:01
Abstract :
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui deskriptif kualitas pelayanan di Mama Klin Laundry Banjarbaru dalam
upaya meningkatkan kepuasan pelanggan dan (2) untuk mengetahui harapan pelanggan atas kualitas pelayanan yang
diberikan Mama Klin Laundry Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif,
teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi, dokumentasi wawancara dan kuesioner, populasi
penelitian seluruh pelanggan Mama Klin Laundry Banjarbaru dan sampel sebanyak 30 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa variable bukti langsung dan variable keandalan mempunyai pengaruh dominan terhadap
kepuasan pelanggan pada Mama Klin Laundry Banjarbaru karena total nilai rata 4,2. Variable jaminan juga cukup
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Mama Klin Laundry Banjarbaru namun tidak begitu berpengaruh
seperti variable bukti langsung dan variable keandalan karena total nilai rata-rata 4,1. Sedangkan variable daya
tanggapdan variable empati tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Mama Klin
Laundry Banjarbaru dengan total nilai rata-rata 4. Kualitas pelayanan yang diberikan Mama Klin Laundry
Banjarbaru sudah bisa dikatakan baik, namun melihat kondisi persaingan bisnis jasa laundry saat ini Mama Klin
Laundry Banjarbaru harus lebih meningkatkan lagi kualitas pelayanannya serta menyediakan jasa-jasa laundry yang
dibutuhkan pelanggan sehingga pelanggan merasa terpuaskan atas pelayanan yang diberikan oleh Mama Klin
Laundry Banjarbaru.