Abstract :
Strategi pemasaran yang digunakan antara perusahaan satu dengan yang lain memang berbeda, hal ini
dikarenakan pelaksanaan suatu strategi harus disesuaikan dengan kondisi dan tujuan yang ingin dicapai
perusahaan tersebut. Perbedaan strategi tersebut misalnya terletak dari strategi harga, kualitas, kegiatan
promosi, penampilan produk yang menarik sampai pada pemberian hadiah setiap pembelian produk
tersebut. Itu semua merupakan kebijakan yang dianggap paling baik dan sesuai dengan kondisi
perusahaan tersebut, seperti pada penelitian ini yang akan meneliti tentang bauran pemasaran yang
merupakan strategi yang digunakan oleh salah satu perusahaan dalam hal ini adalah PT.Sinar Niaga
Sejahtera cabang Banjarmasin yang diharapkan mampu untuk meningkatkan penjualan. Bentuk penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu suatu metode yang
menggambarkan permasalahan dan analisa pembahasan yang dipaparkan melalui data dan penggunaan
teori yang berhubungan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Serta pendekatan kualitatif dan dilakukan
dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang
dilakukan oleh PT. Sinar Niaga Sejahtera cabang Banjarmasin dapat menunjang penjualan yang ada.
Strategi produk dan strategi harga mampu meningkatkan penjualan meskipun harus lebih memperhatikan
kestabilan ekonomi pasar. Strategi promosi yang ada perlu ditingkatkan, yaitu lebih memanfaatkan diskon
harga dan bonus hadiah yang ada lebih optimal.