Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah jamaah pada PT. Hanny Aulia Wisata
Banjarmasin, menngetahui kebijakan promosi untuk meningkatkan jumlah jamaah pada PT.
Hanny Aulia Wisata Banjarmasin, dan untuk mengetahui langkah-langkah promosi dalam
meningkatkan jumlah jamaah pada PT. Hanny Aulia Wisata Banjarmasin.Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakanfield research dan liberary
research Penelitian ini dilakukan pada PT. Hanny Aulia Wisata Banjarmasin. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Perkembangan jumlah jamaah PT. Hanny Aulia Wisata setiap tahunnya
mengalami perkembangan, terlihat dari data tahun 2017-2019 jumlah jamaahmengalami
peningkatan dan penurunan setiap bulannya. Strategi promosi jasa umroh PT. Hanny Aulia Wisata
Banjarmasin adalah dengan lebih menekankan kegiatan promosi melalui personal selling dan
humas dan publisitas. Untuk mengatasi masalah promosi yang dihadapi perusahaan perlu
melakukan perbaikan terhadap promosi yang telah dilakukan dan melakukan promosi dengan lebih
efektif dan efesien lagi agar dapat menambah calon jamaah yang menggunakan jasa perusahaan.