Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji : Untuk memberikan langkah-langkah upaya untuk mencari
jalan keluar yang berguna bagi pimpinan perusahaan untuk meningkatkan volume penjualannya
dan untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar melalui kebijaksanaan saluran distribusi dan
promosi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskrisptif kualitatif, teknik pengumpulan data
menggunakan liberary research dan field research. Penelitian ini dilakukan pada PT. Utama Niaga
Lestari Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukan bahwa pihak yang melakukan kebijaksanaan
saluran distribusi dan promosi yaitu antara produsen dan konsumen. Sedangkan yang menjadi
pokok penelitian ini adalah gambaran tentang kebijaksanaan saluran distribusi dan promosi dimana
saluran distribusi yang selama ini digunakan oleh perusahaan ialah saluran distribusi semi
langsung, yakni dari produsen ke pengencer baru sampai ke konsumen. Sedangkan kebijaksanaan
promosi yang dijalankan perusahaan selama ini masih sangat minim.