Abstract :
Bisnis alat berat di Indonesia cukup potensial mengingat pemerintah Indonesia menerapkan berbagai
program pembangunan di berbagai wilayah Indonesia seperti perbaikan jalan, jembatan, pasar tradisional dan
gedung untuk fasilitas umum, kemudian didukung dengan naiknya sektor pertambangan dalam negeri, sektor
kehutanan, sektor pertanian dan perkebunan serta sektor industri yang kian pesat dimana tambang merupakan
salah satu sektor yang mendominasi akan permintaan alat berat.. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
strategi pemasaran spare parts pada PT. Altrak 1978 Cabang Banjarmasin yang selama ini di jalankan?. 2)
Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan spare parts pada PT. Altrak 1978 Cabang
Banjarmasin yang seharusnya?. Teknik Analisa Data Analisis data dalam penelitian ini dikumpulkan secara
deskriptif. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 karyawan. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: 1) strategi pemasaran spare parts pada PT. Altrak 1978 Cabang Banjarmasin yang selama
ini di jalankan produk, harga dan power sudah berjalan dengan baik namun perlu adanya perbaikan pada
promosi, place, dan public relation. 2) strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan spare parts seharusnya
Promosi dapat diperluas dengan memberikan video marketing kepada customer, tempat usaha sebaiknya tidak
hanya berpusat di Banjarmasin namun juga membuka cabang di wilayah operasional lain seperti di Batulicin
atau Palangka Raya, Sedangkan public relation bisa dibangun dengan menjaga hubungan baik dengan
pelanggan, karyawan dan masyarakat seperti memberikan sponsor atas event-event.