Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
WANAHDIE, MUHAMMAD RAMADHANA
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-10-05 02:41:49
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah pada saat ini Point Of Purchase
adalah salah satu strategi promosi ditempat pembelian merupakan suatu
alternatif untuk membujuk konsumen yang banyak digunakan oleh pemasar
apakah point of purchase dan bagaimana bentuk point of purchase tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah persaingan bisnis
ritel yang semakin ketat, selain itu meningkatnya kunjungan konsumen yang
tidak semua kunjungan terjadi pembelian karena saat ini swalayan bukan
hanya berfungsi sebagai tempat untuk berbelanja namun juga untuk tempat
hiburan.. Permasalahan dalam penelitian apakah penggunaan titik pembelian
(point of purchase) di Kalmart berpengaruh terhadap keputusan pembelian
khususnya pembelian tidak terencana konsumen Kalmart Banjarbaru
Hasil penelitian ini antara lain : Point of Purchase yang terdiri dari
3 Variable yaitu display, Signage , in-store media terbukti sangat berpengaruh
terhadap perilaku pembelian konsumen.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik titik pembelian
(point of purchase) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian tidak terencana sebesar 30,6% dan sisanya sebesar 69,4%
dipengaruhi oleh faktor lain. Keputusan pembelian tidak terencana konsumen
Kalmart secara parsial dipengaruhi oleh variabel bebas X1(Pajangan) = 43,7%,
X2(Tanda petunjuk) = 25,3% , dan X3(Media dalam toko) = 34,2%. Secara
parsial dilakukan dengan uji terlebih dahulu, dengan nilai signifikansi variabel
lebih kecil dibandingkan nilai alpha penelitian 5%, dengan demikian hipotesis
penelitian dapat teruji.
Kalmart sebaiknya mempertahankan kualitas pajangan yang ada dengan
cara menampilkan pajangan sesuai dengan karakteristik produk dan dengan
warna yang cerah mengingat pajangan mempunyai nilaitertinggi yaitu 43,7%.
Nilai terbesar kedua yaitu media dalam toko sebesar 34,2%, sebaiknya Kalmart
mempertahankan kualitas pencahayaan, memutar musik yang dapat
memberikan kenyamanan ketika konsumen berada di dalam toko. Tanda
petunjuk sebagai nilai terkecil sebesar 25, 3% diharapkan Kalmart terus
memperbarui informasi mengenai produk yg ada seperti harga, jenis produk,
ukuran, varian produk dan lain sebagainya agar konsumen tertarik dengan
produk dan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.