Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Fitriyani, Fitriyani
Samhudi, Akhmad
Husnurrofiq, Husnurrofiq
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:03:40
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan secara bersama-sama maupun parsial serta untuk mengetahui
variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan jasa cuci Happy Laundry
Banjarmsin. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bukti Fisik, Kehandalan,
Daya Tanggap, Jaminan, dan Empati dan variable terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan
pelanggan. Penelitian ini dilaksanakan di jasa cuci Happy Laundry Banjarmsin. Populasi sampel
yang digunakan adalah konsumen jasa cuci Happy Laundry Banjarmsin. Teknik pengambilan
sampel menggunakan riset kepustakaan, riset lapangan, metode observasi. Kualitas Pelayanan
yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama-sama
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil dapat
diketahui bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap dan empati secara parsial memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji juga menunjukkan bahwa
variabel Daya Tanggap memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel
lainnya maka variabel Daya Tanggap mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan
pelanggan.