Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Ramlah, Ramlah
Artiningsih, Dwi Wahyu
Syahrani, Syahrani
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:03:58
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui strategi promosi yang digunakan pada Usaha Kain Tenun
Salmah Pagatan untuk menarik minat pembeli dan mengetahui strategi promosi yang efektif untuk menarik
minat pembeli pada Usaha Kain Tenun Salmah Pagatan dimasa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui Metode Observasi, Library Research (Penelitian
Kepustakaan), Metode Interview (Wawancara), dan Metode Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: untuk meningkatkan minat beli produk dimasa yang akan datang,
Usaha Kain Tenun Salmah Pagatan sebaiknya mengaktifkan kegiatan promosi melalui tindakan nyata seperti
membuat motif yang beragam dan melakukan fungsi advertising yaitu; penyebaran brosur, pasang iklan dengan
gambar yang besar ditempat yang strategis, pemberitahuan atau penjualan melalui media sosial seperti; di
instagram, twitter, facebook, whatsapp, tokopedia, shopee, bukalapak dan lain-lain agar dapat menarik minat
pembeli dan para calon pembeli dapat lebih mengetahui keunggulan produk tersebut serta dapat lebih
memudahkan calon pembeli dalam proses pembelian.