Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Annisa, Nor
Husnurrofiq, Husnurrofiq
Shanti, Apriya
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-10-09 01:28:29
Abstract :
Penelitian ini betujuan untuk: (1) menganalisis apakah kualitas jasa berupa keandalan,
ketanggapan, empati, keyakinan dan bukti langsung secara simultan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan, (2) menganalisis apakah kualitas jasa berupa keandalan, ketanggapan,
empati, keyakinan dan bukti langsung secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan
pelanggan, (3) menganalisis variabel yang paling dominan yang mempengaruhi kepuasan
nasabah pada AXA Mandiri Cabang A. Yani.
Sampel penelitian ini sebanyak 50 responden, dengan metode purposive sampling.
Metode analisis yang digunakan dengan metode analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas jasa berupa keandalan, ketanggapan, empati,
keyakinan dan bukti langsung secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada
AXA Mandiri Cabang A. Yani. Besarnya pengaruh secara simultan adalah 44,7% sedangkan
sisanya yaitu 55,3% dipengaruhi variabel lain seperti harga dan lokasi, (2) Empati dan
keyakinan berpengaruh secara parsial. Sedangkan keandalan, ketanggapan dan bukti
langsung tidak berpengaruh secara parsial, (3) empati adalah variabel yang berpengaruh
dominan terhadap kepuasan nasabah pada AXA Mandiri Cabang A. Yan