Abstract :
PT Tri Mandiri Selaras adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan mobil
Daihatsu yang ada di banjarmasin, yang berdiri pada tahun 2013 yang terletak di jalan Brigjend
Hasan Basri No. 08,RT 42, Sungai Miai, Banjarmasin Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap
pelayanan yang telah diberikan oleh PT. Tri Mandiri Selaras dan mengetahui faktor yang
mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan
masukan untuk pimpinan perusahaan dan mengambil kebijakan dalam rangka untuk memuaskan
kebutuhan pelanggan.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penelitian lapangan
menggunakan 2 cara yaitu wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan
penelitian kepustakaan yaitu dengan mengumpulkan buku, bahan-bahan referensi dan beberapa
literatur yang ada relevansinya dengan permasalahan yang sedang dibahas.
Penelitian ini menggunakan 5 variabel yaitu bukti langsung, kehandalan, daya tanggap,
jaminan dan empati. Dengan menggunakan 5 variabel tersebut peneliti dapat mengetahui tingkat
kepuasan pelanggan. Pada variabel Bukti Langsung pelanggan merasa kurang puas atas fasilitas
fisik yang dimiliki perusahaan, variabel Kehandalan pelanggan merasa puas dengan kecepatan
pelayanan dan kelihayan dalam menjelaskan produk, variabel Daya Tanggap pelanggan merasa
sangat puas dengan kesediaan karyawan memberikan informasi dan kesigapan karyawan
menangani pelanggan, variabel Jaminan pelanggan merasa sangat puas terhadap kinerja yang
diberikan oleh perusahaan, dan variabel empati pelanggan merasa puas terhadap kinerja yang
diberikan oleh perusahaan.