Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Riza, Muhammad Syaiful
Husnurrofiq, Husnurrofiq
Shanti, Apriya
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:05:43
Abstract :
Ramen Akashi adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan khas Jepang.
Sebagai penghasil produk yang kemudian disalurkan pada cabang-cabang restorannya untuk
disajikan pada pelanggan. Karena larisnya produk mereka, kini telah berdiri lima cabang
restorannya. Seiring dengan permintaan produk, keuntungan perusahaan pun meningkat. Tetapi,
bagaimana dengan motivasi, kinerja dan perkembangan para karyawan dalam intensitas kerja yang
meningkat pula. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya perusahaan dalam memberi
motivasi guna meningkatkan kinerja dan pengembangan karyawan serta upaya apa saja yang harus
dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan pengembangan karyawan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif. Adapun sumber data yang
digunakan adalah dari wawancara dengan karyawan dan pimpinan Ramen Akashi serta dokumendokumen
milik perusahaan yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan metode observasi. Landasan teori yang digunakan adalah menurut opini para
pakar atau by expert?s opinions.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa
meningkatnya keuntungan dan popularitas perusahaan Ramen Akashi tidak beriringan dengan
peningkatan kinerja para karyawannya walau kenyataannya intensitas kerja meningkat dan tugastugas
mereka menjadi lebih banyak. Banyak hal-hal yang harus dibenahi perusahaan demi menjaga
motivasi dan kinerja serta andil karyawan dalam pencapaian tujuan perusahaan sehingga meraih
pencapaian yang maksimal dan seimbang.