Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Febriana, Dian
Zainul, Mohammad
Hadini, Muhammad
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-10-16 02:44:54
Abstract :
PT. Putra Borneo Lestari adalah suatu perusahaan perseorangan yang bergerak di sekitar
industri yang di mana hasil produksinya bertujuan untuk memproduksi produk-produk kualitas
Internasional dengan harga ekonomis. PerusahaanPutra Borneo Lestari ini adalah anak perusahaan dari
PT. Cahaya Sakti Multi Intraco didirikan pada tahun 1983 di Bogor, Indonesia. Selama beberapa
puluh tahun terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi
pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang, sedangkan perusahan PT. Putra Borneo Lestari
adalah salah satu cabang perusahaan yang didirikan di Banjarmasin Lokasi dan letak Perusahaan Putra
Borneo Lestari ini berloksi di Jln. H.Soebarjo Kel. Basirih Selatan Kec. Banjarmasin. Km 3. Blok 1A
No 9.
Usaha penjualan produk yang dilaksanakan oleh perusahaan PT. Putra Borneo Lestari. Selama
ini tidak memenuhi target, tetapi cenderung tetap bertahan sampai saat ini. Hal ini disebabkan oleh
beberapa hal, yaitu :Kurangnya usaha promosi,Promosi yang dilakukan menggunakan personal
selling, Kurang dikenalnya nama perusahaan oleh masyarakat, Tidak adanya antisipasi pesaing,
Kurang luasnya daerah pemasaran, Terbatasnya dana / anggaran untuk kegiatan promosi, Saluran
distribusi yang sangat kurang panjang untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas, maka perusahaan
seharusnya mengambil kebijaksanaan promosi yang efektif dan sesuai dengan dana yang dimiliki.
Selain itu peusahaan juga perlu mengevaluasi kegiatan - kegiatan promosi yang pernah dilaksanakan
yaitu personal selling, pemasaran langsung dan saluran distribusi langsung. Ketiga bentuk promosi
diatas oleh perusahaan belum dilaksanakan secara maksimal, sehingga tidak banyak mempengaruhi
bagi peningkatan volume penjualan. Selain itu untuk meningkatkan penjualan yang merupakan tujuan
jangka panjang perusahaan , maka penting bagi perusahaan untuk menambah kegiatan promosi yang
relative murah dan efektif yaitu melalui periklanan dengan media papan nama, reklame dan saluran
distribusi lebih di perpanjang menjadi saluran distribusi pendek. Dengan demikian perusahaan
diharapkan mencapai tujuan secara cepat dan merata serta dikenal oleh konsumen,sehingga volume
penjualan dapat terus naik sebagai bentuk peranan promosi bagi peningkatan penjualan. Untuk
mengatasi masalah yang di hadapi perusahaan perlu melakukan revisi (perbaikan) terhadap promosi
yang telah dilakukan dan menambah dana dan kegiatan promosi dalam bentuk lain yang relative lebih
murah, efektif, dan efesien, serta menambah saluran distribusi agar dapat membawa keuntungan yang
optimal bagi perushaan, yang salah satunya adalah meningkatkan penjualan sehingga peranan promosi
bias lebih mampu mengusahakan lagi meningkatnya volume penjualan yang merupakan tujuan jangka
panjang perusahaan.