Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Youmia, Farah
Lamsah, Lamsah
Hairul, Hairul
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:05:48
Abstract :
Kepuasan pelanggan merupakan hal penting dalam suat tempat usaha karena
apabila pelanggan merasa tidak puas maka akan membuat konsumen tidak loyal
terhadap tempat usaha tersebut. Penulisan tugas akhir ini menggunakan lima
dimensi yang meliputi dimensi bukti langsung (tangibility), kehandalan (reability),
daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty)
untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada toko
maya fachriah store martapura. Masalah yang terjadi pada tempat usaha ini yait
mengenai kepasan pelanggan dalam aspek kebersihan dan kerapian, lokasi
tempat usaha serta ketepatan karyawan dalam memberikan pesanan yang sesuai
dengan keinginan konsumen. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner yang
menunjukkan bahwa masih ada responden yang merasa cukup puas bahkan tidak
puas. Penulis memberi saran agar pemilik usaha lebih memperhatikan kualitas
keberssihan tempat usaha dengan membuat gudang khusus untuk menyimpan
barang-barang persediaan dan membuat papan nama agar memudahkan
konsumen menemukan tempat usaha. Dan membuat kebijakan untuk menambah
karyawan agar tidak kewalahan dalam menangani pekerjaannya.