Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Novikasari, Dwiyanda
Samhud, Akhmad
Lamsah, Lamsah
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:06:01
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pelaksanaan strategi pemasaran
yang dilakukan diperusahaan Arsila Bakery Cabang Banjarbaru dalam
meningkatkan volume penjualan, dan (2) usaha-usaha untuk menghadapi daya
saing di perusahaan Arsila Bakery Cabang Banjarbaru.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dan merupakan
penelitian data melalui riset. Proses dan makna akan lebih ditonjolkan lagi dalam
penelitian kualitatif ini. Landasan teori dijadikan sebagai acuan agar fokus
penelitiannya sesuai dengan data real di lapangan. Selain itu landasan teori juga
mampu memberikan gambaran umum tentang latar belakang penelitian dan
sebagai hasil pembahasan penelitian. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas strategi marketing Arsila
Bakery Cabang Banjarbaru belum maksimal dalam menerapkan strategi
pemasarannya, Arsila Bakery Cabang banjarbaru terlihat belum mengevaluasi apa
yang menjadi kekurangan dan apa yang menjadi kelebihan untuk itu kedepannya
perlu melakukan strategi penjualan dengan cara segmentasi pasar, market
positioning, targeting, marketing mix strategy dan timing strategy, dan (2)
penjualan Arsila Bakery Cabang Banjarbaru selama 5 tahun dari 2014 sampai
dnegan 2018 mengalami penurunan penjualan dan tidak mencapai target
penjualan. Setelah dilakukan penelitian ternyata penurunan tersebut berkaitan
dengan kurangnya inovasi produk, kurangnya promosi dimedia sosial atau media
cetak, serta persaingan antar perusahaan lain.