Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan strategi pemasaran
terhadap minat beli konsumen di Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin selama ini (2)
mengetahui penerapan strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen yang seharusnya
dilakukan Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskrptif kualitatif dan
merupakan penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
wawancara. Responden penelitian ini adalah konsumen Rumah Makan Sambal Lalap
Banjarmasin dengan 20 responden.
Hasil Penelitian Menunjukkan penerapan strategi pemasaran terhadap minat beli
konsumen selama ini di Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin dari segi produk yang
ditawarkan dengan konsep? Halalan Tayyiban? yaitu baik dan halal bagi konsumen berbagai
menawarkan berbagai variasi menu dari segi harga selama ini Rumah Makan Sambal Lalap
Banjarmasin lebih mengutamakan harga dengan harga yang relatif murah dan dapat mudah
dijangkau berbagai kalangan, dari segi tempat Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin
mengambil lokasi yang strategis yang sengaja dipilih di Jl. Adhyaksa Raya No. 1
Banjarmasin tepat dipinggir jalan dan menyediakan tempat dengan suasana yang cukup
nyaman, dari segi promosi selama ini adalah pengenalan menu-menu baru yang menarik bagi
konsumen dengan memasang berbagai macam papan iklan yang dipasang di sekitar area
Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin selain itu model promosi perorangan dengan
melakukan cara yang mengutamakan keramahtamahan karyawan dan pelayanan yang
memuaskan. Penerapan strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen yang seharusnya
dilakukan Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin dari segi produk adalah seharusnya bisa
lebih ditambah lagi variasi menu yang ada ataupun setiap bulan nya ada menu-menu baru
yang ditawarkan ke konsumen dan mempertahankan cita rasa dan tampilan menu yang
selama ini melekat dengan Rumah Makan Sambal Lalap Banjarmasin, dari segi harga
seharusnya tetap mempertahankan dan mengutamakan harga yang sudah ada selama ini yang
dianggap konsumen relatif murah dan mudah dijangkau berbagai kalangan, dari tempat
harusnya ada penambahan fasilitas kipas angin agar lebih membuat suasana tetap nyaman
daya tarik minat beli konsumen dan menjaga kebersihan tempat, suasana aman dan nyaman.
Promosi seharusnya dengan lebih ditingkatkan lagi promosi di sosial media karena itu juga
sarana untuk lebih lagi menarik minat beli konsumen.