Institusion
Universitas Islam Kalimantan M A B Banjarmasin
Author
Raudah, Raudah
Harnida, Muthia
Kurniaty, Kurniaty
Subject
HB Economic Theory
Datestamp
2019-11-09 07:06:54
Abstract :
Pengaruh Bauran Pemasaran
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Cat No Drop Pada Toko Hadi Banjarmasin)
pembimbing I : Muthia Harnida, pembimbing II: Hj.
Kurniaty Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama dan parsial serta mengetahui
variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian pada konsumen
Cat No Drop Pada Toko Hadi Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan
Purposive Sampling.
Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang responden. Metode
pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan
adalah yang uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi berganda, dan uji
hipotesis (uji F dan uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai F hitung
sebesar 5.918 dengan signifikansi pada 0,000.
F tabel yang diketahui dengan alpha 5% atau 0,05 sebesar 3.14. yaitu 5.918 > 2,45
dengan signifikansi yang lebih kecil dibandingkan alpha, yaitu 0,000 < 0,05 bauran
pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji
t dapat diketahui bahwa terdapat dua variabel bebas yang secara parsial mempunyai
pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yaitu promosi, dan tempat,
sedangkan variabel yang tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian adalah variabel harga dan produk .
Variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian adalah tempat /distribusi.
Koefisien Determinasi R square sebesar 0,301 dapat diartikan bahwa 30.1% keputusan
pembelian dipengaruhi oleh variabel produk, harga, promosi, tempat, sedangkan
sisanya sebesar 69,9% dipengaruhi oleh variabel lain diuar yang tidak termasuk dalam
penelitian ini.
Kata kunci: Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian
ABSTRACT Raudah, 2019, Effect of Marketing Mix on Purchase Decisions (Case Study of
Cat No Drop at Banjarmasin Hadi Shop) Advisor I: Muthia Harnida, Advisor II: Hj.
Kurniaty This study aims to determine the effect of the marketing mix on purchasing
decisions jointly and partially and find out the variables that have the dominant
influence on purchasing decisions on consumers of Cat No Drop at the Banjarmasin
Hadi Shop. The type of research used is research with a quantitative approach.
The sampling technique uses purposive sampling. The number of samples in this study
amounted to 60 respondents. Methods of collecting data through questionnaires. The
data analysis technique used is the one that tests the validity and reliability test, classic
assumption test, multiple regression, and hypothesis testing (F test and t test). The
results of the study show that the calculated F value is 5,918 with a significance of 0,000.
F table known with alpha 5% or 0.05 at 3.14.
namely 5,918> 2.45 with a smaller significance than alpha, namely 0,000 <0,05 the
marketing mix has a significant effect on purchasing decisions. Based on the results of
the t test it can be seen that there are two independent variables which partially have a
significant influence on purchasing decisions namely promotion, and place, while
variables that do not have a significant influence on purchasing decisions are variable
prices and products.
The dominant variable on purchasing decisions is place / distribution. The coefficient of
determination R square is 0.301, it can be interpreted that 30.1% of purchasing decisions
are influenced by product variables, prices, promotions, places, while the remaining
69.9% is influenced by other outside variables not included in this study.