Abstract :
Tujuan dari pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk
mendeskripsikan nilai ? nilai toleran yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama
Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari. (2) Untuk mengetahui
proses penanaman nilai ? nilai toleran melalui pendidikan Agama Islam pada peserta
didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari. (3) Untuk menganalisis model penanaman
nilai ? nilai tolerani melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA
Islam Al Ma?arif Singosari.
Dalam Penelitian ini metode yang di gunakan merupakan jenis penelitian
kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan
beberapa metode: 1) Metode observasi, 2) Metode wawancara, 3) Metode
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan
konsep yang diberikan Miles dan Hubermenyang mengemukakan bahwa motivasi
dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus
menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya
sampaijenuh. Aktivitas dalam analisis data, meliputi Condentation (ringkasan), data
display (penyajian data), conclution drawing (penarikan simpulan serta verifikasinya)
dan menelaah seluruh data
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Nilai ? nilai toleransi apa saja yang
ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al
Ma?arif Singosari, yaitu : a. Nilai toleransi, b. Nilai kejujuran, c. Nilai kedamaian dan
kemanusiaan, d. Nilai kepedulian, e. Nilai keadilan, f. Nilai Sosial. 2) Proses nilai ?
nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al
Ma?arif Singosari, yaitu : a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kelas,
b) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis sekolah, c) Pembelajaran
Penddidikan Agama Islam bentuk keteladanan, d) Pengintegrasian kedalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Proses nilai ? nilai toleransi ditanamkan
melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif
Singosari, yaitu : a) Keteladanan, b) Pembiasaan, c) Motivasi, d) Komunikasi dan e)
Evaluasi.