DETAIL DOCUMENT
Nilai-nilai Toleransi Melalui Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Di SMA Islam Al Ma’rif Singosari Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Malang
Author
Supriyono
Subject
Nilai Toleransi 
Datestamp
2022-03-28 03:50:05 
Abstract :
Tujuan dari pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan nilai ? nilai toleran yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari. (2) Untuk mengetahui proses penanaman nilai ? nilai toleran melalui pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari. (3) Untuk menganalisis model penanaman nilai ? nilai tolerani melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari. Dalam Penelitian ini metode yang di gunakan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekataan studi kasus. Teknik Pengumpulan data menggunakan beberapa metode: 1) Metode observasi, 2) Metode wawancara, 3) Metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan konsep yang diberikan Miles dan Hubermenyang mengemukakan bahwa motivasi dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya sampaijenuh. Aktivitas dalam analisis data, meliputi Condentation (ringkasan), data display (penyajian data), conclution drawing (penarikan simpulan serta verifikasinya) dan menelaah seluruh data Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Nilai ? nilai toleransi apa saja yang ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari, yaitu : a. Nilai toleransi, b. Nilai kejujuran, c. Nilai kedamaian dan kemanusiaan, d. Nilai kepedulian, e. Nilai keadilan, f. Nilai Sosial. 2) Proses nilai ? nilai toleransi melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari, yaitu : a) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kelas, b) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis sekolah, c) Pembelajaran Penddidikan Agama Islam bentuk keteladanan, d) Pengintegrasian kedalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Proses nilai ? nilai toleransi ditanamkan melalui Pendidikan Agama Islam pada peserta didik di SMA Islam Al Ma?arif Singosari, yaitu : a) Keteladanan, b) Pembiasaan, c) Motivasi, d) Komunikasi dan e) Evaluasi. 

Institution Info

Universitas Islam Malang