Abstract :
Kata Kunci : Strategi Guru, Pembelajaran Al-Qur?an
Penelitian ini membahas tentang strategi guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa di MI Khadijah Malang. Alasan dari
peneliti untuk membahas terkait strategi guru adalah dikarenakan peneliti ingin
mengetahui strategi apa yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan
kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur?an. Tentunya ketika pembelajaran AlQur?an berlangsung tidak terlepas dari kendala atau hambatan yang ada.
Berdasarkan konteks penelitian diatas, maka terdapat beberapa masalah atau
fokus penelitian yaitu: pertama, mengenai kemampuan siswa dalam membaca AlQur?an. Kedua, mengenai strategi yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan
kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa. Ketiga, kendala yang dihadapi guru
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa.
Untuk menyelesaikan permasalahan atau fokus penelitian dari tiga
persoalan diatas, maka dilakukan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data
yang dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu: pertama, observasi
dilakukan dengan cara mendatangi langsung lokasi penelitian yaitu di MI Khadijah
Malang. Kedua, wawancara dilakukan dengan bertemu secara langsung dengan
kepala madrasah dan koordinator pembelajaran Al-Qur?an serta melalui aplikasi
pesan singkat atau whatsapp dengan guru yang mengampu pembelajaran Al-Qur?an
di madrasah. Ketiga, dokumentasi dilakukan dengan mencari sumber data dari
dokumen resmi mengenai fokus penelitian.
Berdasarkan fokus penelitian diatas, maka peneliti menemukan hasil
penelitian sebagai berikut: pertama, kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur?an
berbeda-beda dikarenakan dalam menerima informasi atau ilmu baru ada siswa
yang lebih cepat faham dan aja juga yang tidak. Hal itu dapat dibuktikan dengan
adanya siswa dari kelas bawah tetapi kemampuannya melebihi siswa dari kelas atas.
Dan kemampuan dalam membaca Al-Qur?an dapat diukur dari dari tiga aspek yaitu:
ketepatan pada tajwid, kesesuaian dengan makharijul huruf dan kelancaran dalam
membaca Al-Qur?an. Kedua, strategi yang digunakan oleh guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa adalah dengan
menerapkan pembelajaran metode klasikal, penggunaan media seperti kartu dan
pemberian penghargaan atau hukuman. Ketiga, kendala yang dihadapi guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa adalah ketika siswa
vii
sedang tidak disiplin, pembagian ruang untuk mengaji dan penggunaan alat peraga
atau media yang kecil.
Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa
strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur?an pada siswa di
MI Khadijah Malang ini dibutuhkan strategi yang beragam dan menyesuaikan
dengan keadaan siswa pada saat itu, karena tidak dapat diketahui perilaku siswa
pada hari ini atau esok hari bisa saja berbeda. Begitu juga dengan kendala yang
dihadapi dapat diselesaikan dengan cara bekerja sama antara guru, siswa dan orang
tua agar pembelajaran Al-Qur?an dapat berjalan dengan baik dan nilai positif yang
terkandung dalam Al-Qur?an dapat tersampaikan dengan baik.