Abstract :
Kata Kunci: Implemetasi Pembelajaran, Membaca Al-Qur?an, Metode Thoriqoty
Sudah menjadi kodrat manusia bahwasannya manusia itu sejak dilahirkan ke
dunia ini telah membawa fitrahnya sebagai makhluk yang berbeda dengan
makhluk ciptaan yang lainnya. Karena Setiap peserta didik hadir dengan beberapa
keunikannya masing-masing, dengan beberapa karakter yang berbeda-beda.
Namun kebanyakan masyarakat Indonesia beranggapan bahwa seorang peserta
didik yang memiliki prestasi dibidang akademik maka anak itu adalah anak yang
cerdas, karena bagi mereka keberhasilan seorang peserta didik dilihat dari jenjang
pendidikan formalnya.Sehingga dari sini memang benar adanya, bahwasannya
pendidikan merupakan suatu usaha guna untuk meningkatkan diri dalam segala
aspeknya. Definisi ini mencakup kegiatan pendidikan yang melibatkan guru
maupun yang tidak melibatkan guru, mencakup pendidikan formal maupun non
formal serta informal. Dari beberapa pendidikan yang telah diberikan kepada
peserta didik sekolah dasar ada salah satu aspek pendidikan agama yang kurang
diperhatikan oleh orangtua yaitu pendidikan membaca Al-Qur?an. Pada umumnya
orang tua lebih menitik beratkan kepada anak tentang pendidikan umum saja dan
kurang memperhatikan tentang pendidikan agama salah satunya adalah
pembelajaran membaca Al-Qur?an. Melihat perkembangan dari peserta didik
khususnya di jenjang Sekolah Dasar yang masih sangat kurang dalam membaca
Al-Qur?an sesuai dengan kaidah ilmu tajwidnya dengan fasih dan benar. Untuk itu
pembelajaran Al-Qur?an sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan baik formal
maupun non formal untuk anak sekolah dasar. Sehingga dari situ SD BSS
(Brawijaya Smart School) bersepakat untuk mencari metode yang paling tepat
untuk digunakan sebagai penerapan pembelajaran membaca Al-Qur?an yakni
dengan menggunakan metode Thoriqoty. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik
untuk melakukan penelitian ini.
Adapun fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode
Thoriqoty dalam pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD BSS (Brawijaya Smart
School)? (2) Bagaimana penerapan metode Thoriqoty dalam pembelajaran
membaca Al-Qur?an di SD BSS (Brawijaya Smart School)? (3) Bagaimana
evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur?an melalui metode Thoriqoty di SD BSS
(Brawijaya Smart School)?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
perencanaan dalam pembelajaran membaca Al-Qur?an di SD BSS (Brawijaya
Smart School) (2) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Thoriqoty dalam
pembelajaran mengaji di SD BSS (Brawijaya Smart School) (3) Untuk
mengetahui evaluasi dari pembelajaran membaca Al-Qur?an dengan
menggunakan metode Thoriqoty di SD BSS (Brawijaya Smart School).
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Dan hasil data yang diperoleh merupakan hasil dari data
deskriptif, yakni berupa kata-kata, gambaran dan bukan termasuk angka-angka.
Sumber data sekaligus informan adalah kepala Sekolah, serta pihak-pihak yang
terkait dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan data, penliti menggunakan
beberapa tekhnik yakni melalui, observasi, interview serta dokumentasi.
Sedangkan dalam menganalisa datanya, peneliti menggunakan tekhnik
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan
data peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, serta Triangulasi dengan
menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi metode.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah perencanaan, penerapan serta
evaluasi pembelajaran membaca Al-Qur?an melalui metode Thoriqoty. Penerapan
yang dilakukan berjalan sepeeti halnya yang tertera pada Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP). Selain itu persiapan materi serta buku Thoriqoty harus
dipersiapkan. Kemudian penerapan yang dilakukan ketika pembelajaran
menggunakan dua tekhnik, yakni tekhnik klasikal murni, dan tekhnik klasikal
baca simak, individual. Sedangkan evaluasi yang digunakan menggunakan
sorogan(peserta didik diminta guru maju kedepan kelas untuk membaca jilidnya)
dan diadakannya PTS (praktek Tengah Semester) tiap semesternya.